VISI:
- Menjadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini unggulan secara Nasional dalam menyiapkan calon guru yang profesional, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia pada tahun 2022.
MISI:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif, inovatif, dan berkarakter ke-Islaman, serta bermutu tinggi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini.
- Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA);
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal;
- Menyelenggarakan dan memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan anak usia dini.
TUJUAN:
- Menghasilkan lulusan yang profesional, manajerial, kreatif, inovatif, berbudaya, dan berakhlak mulia pada tingkat lokal dan nasional;
- Menghasilkan guru pendidikan anak usia dini yang memiliki kompetensi spiritual, pedagogis, profesional, kepribadian, sosial dan leadership;
- Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang pendidikan anak usia dini;
- Menghasilkan layanan pendidikan anak usia dini kepada masyarakat dalam berbagai bentuk baik akademik maupun non akademik;
- Menghasilkan kerjasama yang mendukung peningkatan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan anak usia dini;
- Mewujudkan suasana interaksi akademik yang Islami dan berbudaya, yang mendukung pembentukan karakter dan kompetensi lulusan.
PROFIL UTAMA
- Guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini .
PROFIL TAMBAHAN
- Pengelola Pendidikan pada Raudhatul Athfal/Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain dan Taman Pengasuh Anak (Child Care);
- Enterpreneur Alat Permainan Edukasi (APE) / Media Pembelajaran.
- Konsultan pendidikan anak usia dini..
KOMPETENSI UTAMA LULUSAN PROGRAM STUDI PGRA:
- Mampu menjadi guru professional pada lembga pendidikan anak usia dini;
- Menguasai landasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran, keagamaan dan yuridis penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini;
- Menganalisis perkembangan anak usia dini di berbagai dimensi sebagai dasar untuk penyesuaikan dan pengembangkan kurikulum anak usia dini;
- Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan pendekatan analisis kebutuhan anak usia dini pada berbagai kelembagaan pendidikan;
- Menguasai konsep dasar seni rupa, seni musik dan seni gerak yang dapat dikembangkan pada pendidikan anak usia dini;
- Menggunakan berbagai metodologi keilmuan dalam pengembangan bidang studi pada pendidikan anak usia dini secara terpadu;
- Mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model sesuai karakteristik anak usia dini secara terpadu, inovatif, variatif dan berkesinambungan;
- Mengembangkan proses pembelajaran terpadu lintas bidang pengembangan atau bidang studi di berbagai karakteristik anak usia dini.
KOMPETENSI PENDUKUNG:
- Mampu mengelola pendidikan anak usia dini secara professional.
- Mampu memberikan layanan ahli dan konsultasi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini
- Mampu mengembangkan alat permainan edukatif dan Media pembelajaran
- Cakap dan terampil di bidang pendidikan, bahasa Arab dan Inggris;
- Kreatif dan produktif dalam menghasilkan inovasi bidang pendidikan anak usia dini;
- Mampu baca tulis huruf Al-Qur’an;
- Mampu menghafalan Al-Quran minimal Juz 30 (juz ‘Amma);
- Mampu memahami dan megamalkanan syariat Islam.
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;
- Berkarakter dan berbudaya Islami;
- Mencintai profesi kependidikan;
KOMPETENSI LAINNYA:
- Memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang penelitian pendidikan pada anak usia dini
GELAR AKADEMIK LULUSAN
- Gelar Akademik yang diperoleh dari lulusan program studi S1-PGRA ini adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang PGRA.
0 comments:
Post a Comment