Tuesday, May 12, 2015

VISI & MISI PGRA

VISI:
  • Menjadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini unggulan secara Nasional dalam menyiapkan calon guru yang profesional, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia pada tahun 2022.


MISI:
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif, inovatif, dan berkarakter ke-Islaman, serta bermutu tinggi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA);
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal;
  4. Menyelenggarakan dan memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan anak usia dini.

TUJUAN:
  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, manajerial, kreatif, inovatif, berbudaya, dan berakhlak mulia pada tingkat lokal dan nasional;
  2. Menghasilkan guru pendidikan anak usia dini yang memiliki kompetensi spiritual, pedagogis, profesional, kepribadian, sosial dan leadership;
  3. Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang pendidikan anak usia dini;
  4. Menghasilkan layanan pendidikan anak usia dini kepada masyarakat dalam berbagai bentuk baik akademik maupun non akademik;
  5. Menghasilkan kerjasama yang mendukung peningkatan pengembangan keilmuan di bidang pendidikan anak usia dini;
  6. Mewujudkan suasana interaksi akademik yang Islami dan berbudaya, yang mendukung pembentukan karakter dan kompetensi lulusan.


PROFIL UTAMA
  • Guru pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini .

PROFIL TAMBAHAN
  1. Pengelola Pendidikan pada Raudhatul Athfal/Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain dan Taman Pengasuh Anak (Child Care);
  2. Enterpreneur Alat Permainan Edukasi (APE) / Media Pembelajaran.
  3. Konsultan pendidikan anak usia dini..


KOMPETENSI UTAMA LULUSAN PROGRAM STUDI PGRA:
  1. Mampu menjadi guru professional pada lembga pendidikan anak usia dini;
  2. Menguasai landasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran, keagamaan dan yuridis penyelenggaraan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini;
  3. Menganalisis perkembangan anak usia dini di berbagai dimensi sebagai dasar untuk penyesuaikan dan pengembangkan kurikulum anak usia dini;
  4. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan pendekatan analisis kebutuhan anak usia dini pada berbagai kelembagaan pendidikan;
  5. Menguasai konsep dasar seni rupa, seni musik dan seni gerak yang dapat dikembangkan pada pendidikan anak usia dini;
  6. Menggunakan berbagai metodologi keilmuan dalam pengembangan bidang studi pada pendidikan anak usia dini secara terpadu;
  7. Mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model sesuai karakteristik anak usia dini secara terpadu, inovatif, variatif dan berkesinambungan;
  8. Mengembangkan proses pembelajaran terpadu lintas bidang pengembangan atau bidang studi di berbagai karakteristik anak usia dini.


KOMPETENSI PENDUKUNG:
  1. Mampu mengelola pendidikan anak usia dini secara professional.
  2. Mampu memberikan layanan ahli dan konsultasi dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini
  3. Mampu mengembangkan alat permainan edukatif dan Media pembelajaran
  4. Cakap dan terampil di bidang pendidikan, bahasa Arab dan Inggris;
  5. Kreatif dan produktif dalam menghasilkan inovasi bidang pendidikan anak usia dini;
  6. Mampu baca tulis huruf Al-Qur’an;
  7. Mampu menghafalan Al-Quran minimal Juz 30 (juz ‘Amma);
  8. Mampu memahami dan megamalkanan syariat Islam.
  9. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;
  10. Berkarakter dan berbudaya Islami;
  11. Mencintai profesi kependidikan;

KOMPETENSI LAINNYA:
  • Memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang penelitian pendidikan pada anak usia dini

GELAR AKADEMIK LULUSAN
  • Gelar Akademik yang diperoleh dari lulusan program studi S1-PGRA ini adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang PGRA.




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 comments: