Friday, June 12, 2015

JURNAL BUNAYYA

BUNAYYA
Jurnal Pendidikan Anak
Volume I, Nomor 1 Tahun 2015


Jurnal BUNAYYA adalah jurnal pendidikan anak yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal BUNAYYA diharapkan dapat menjadi media dan wadah bagi para akademisi dan praktisi pendidikan untuk menuangkan ide dan gagasannya baik berupa artikel maupun hasil penelitian tentang pendidikan anak. Jurnal BUNAYYA ini akan terbit secara berkala 2 (dua) kali dalam setahun dengan rincian edisi Januari – Juni dan Juli – Desember. Alamat redaksi: Sekretariat Prodi PGRA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, email: jurnalbunayya@gmail.com. Kami mengundang bapak/ibu untuk mengirimkan naskah untuk Volume 2, Nomor 1 Tahun 2016, deadline pengiriman naskah tanggal 15 Juni 2016. Naskah dikirim ke email redaksi: jurnalbunayya@gmail.com atau pgrauinarraniry@gmail.com.



KETENTUAN PENULISAN
Naskah-naskah yang diterima oleh redaksi BUNAYYA akan dipertimbangkan untuk dimuat apabila memenuhi beberapa persyaratan berikut:
1.         Bersifat ilmiah, berupa kajian atas masalah-masalah sesuai dengan tema, gagasan orisinil dan ringkasan hasil penelitian.
2.         Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dan tidak dalam proses pengajuan untuk diterbitkan.
3.         Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Arab yang memenuhi kaidah penulisan yang baik dan benar.
4.         Setiap naskah ditulis secara sistematis terdiri dari judul, nama penulis, instansi, alamat email, abstrak, kata kunci, isi (pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan), dan daftar pustaka.
5.         Judul harus ringkas dan lugas.
6.         Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik.
7.         Abstrak ditulis antara 150 s.d. 200 kata dengan memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (jika naskah berupa hasil penelitian), dan latar belakang masalah, pembahasan, dan kesimpulan (jika naskah berupa artikel).
8.         Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
9.         Kata kunci berkisar 3 – 5 kata yang mencerminkan isi naskah.
10.     Isi naskah terdiri dari 18 – 20 halaman, kertas ukuran A4, diketik dengan spasi 1,5, font Book Antiqua ukuran 12.
11.     Kutipan menggunakan footnote yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama penerbit, tahun penerbitan dan halaman.
a.         Buku:
Oemar Seno Adji, Peradilan Bebas Negara Hukum (Jakarta: Erlangga, 1985), 34.

b.         Buku Terjemahan:
C. Snouck Hurgronje, Islam di Hindia Belanda, terj. S. Gunawan (Jakarta: Bhatara
Aksara, 1983), 34.

c.         Artikel dalam Buku atau Ensiklopedi:
Abdus Subhan, Social and Religious Reform Movements in the 19th Century Among the  Muslims,”  dalam  Social  and  Religious  Movements,  ed.  S.  P.  Sen  (Calcutta: Institute of Historical Studies, 1979), 34.

Fazlur Rahman, Revival and Reform in Islam, dalam The Cambridge History of Islam, vol. 2, ed. P. M. Holt et. al. (Cambridge: Cambridge University Press, 1970), 34.

d.        Artikel dalam Jurnal:
George Makdisi, The Hanbali School and Sufism,” Humaniora Islamica, 2 (Januari, 1974), 61.

e.         Artikel dalam Surat Kabar:
Sritua Arief, Perilaku Golongan Menengah di Indonesia,” Jawa Pos, 2 Januari 2000, 4.

f.          Kitab Suci:
QS. al-Baqarah: 12.

g.         Skripsi, Tesis dan Disertasi:
Mukhlis, Corak Pemikiran Hamka tentang Pluralitas Agama  (Rekonstruksi  dari  Tafsir Al-Azhar),  Tesis  (Yogyakarta:  IAISunan Kalijaga, 2000), 25.

h.        Referensi terkutip ulang:
-            Bila referensi terkutip ulang tidak berselang dengan referensi berbeda, maka cukup tulis Ibid dan halaman. Misalnya: Ibid., 36.
-            Bila referansi terkutip ulang berselang oleh satu atau lebih referensi berbeda, maka cukup  tulis  nama  terakhir  pengarang,  selanjutnya  kata  awal  judul  dari  referensi. Misalnya: Zahrah, Ushul.., 35.

12.     Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan menyebut nama akhir penulis, judul buku, kota, penerbit, dan tahun, kemudian mengurutkannya secara alfabetis, seperti contoh berikut:
Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. 2. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 2004.

Rusyd, Ibn. Bida>yat al-Mujtahid fi> Niha>yat al-Muqtas}id. Semarang: Usaha Keluarga, t.th.

Siregar,  A.  Rivay.  Tasawuf  dari  Sufisme  Klasik  ke  Neo-Sufisme.  Jakarta:  Raja Grafindo Persada, 2000.
13.     Penulis tidak keberatan jika naskah yang dikirimkan mengalami penyuntingan atau perbaikan, tanpa mengubah isinya. Naskah yang masuk ke redaksi diklasifikasikan ke dalam 3 (tiga) kategori:
a.         Diterima tanpa revisi;
b.         Diterima dengan revisi;
c.         Ditolak.
14.     Penulis yang naskahnya dimuat akan mendapatkan jurnal BUNAYYA, naskah yang tidak dimuat akan diberitahukan dan dikembalikan melalui email.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts