Friday, September 4, 2015

OPAK MAHASISWA BARU PGRA UIN AR-RANIRY TAHUN 2015

Hari Ketiga Pelaksaan Orientasi Pengenalan Kampus (OPAK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Senin (2/9/2015) di Pekarangan Gedung B FTK kampus UIN Ar-Raniry. berjalan dengan lancar. Ketua Prodi PGRA ibu Misnawati, S.Ag, M.Ag. sedang memberikan motivasi dan Pengarahan kepada Mahasiswa Baru PGRA tahun 2015/2016.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerja sama Dr. H. Syamsul Rijal Sys, M.Ag usai monitoring OPAK, Selasa (1/9/2015) mengatakan, OPAK UIN Ar-Raniry tahun 2015 ini mengambil pendekatan agamis, akademis dan kultural, salah satunya adalah mengajak mahasiswa untuk melaksakan shalat berjamaah.

“Panitia memfasilitasi peserta untuk shalat berjamaah, ini dilakukan bersama panitia dan instruktur mereka, Alhamdulillah shalat jamaah yang dilaksanakan di Lapangan UIN Ar—Raniry berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” terang Sys.

Syamsul menjelaskan, yang dimaksud dengan pendekatan agamis itu merupakan spirit keislaman dan akademis adalah semua yang digerakkan oleh mahasiswa itu mengacu pada nilai-nilai akademik, sedangkan berbasiskan kultural adalah memperhatikan kearifan lokal dengan mempertahankan budaya aceh, oleh karena itu dalam kontek ini tidak ada perpeloncoan.

“Ada beberapa materi yang disampaikan pada OPAK tahun ini, pertama adalah pengenalan kelembagaan atau universitas, intinya agar mereka mengenal lebih dekat tentang institusi ini, mengenal lebih baik dalam rangka mempersiapkan mereka menuju intelektual muslim,” ujarnya.
Warek III menyebutkan, dalam rangkaian kegiatan OPAK UIN Ar-Raniry tahun 2015 telah dilaksanakan berbagai even, di antaranya kolaborasi dari unit kegiatan khusus (UKK) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dengan tujuan untuk membangun spirit mahasiswa baru, bahwa banyak keterampilan yang mendidik dan unik di UIN Ar-Raniry ini, termasuk mengundang Pangdam Iskandar Muda untuk memberikan kuliah umum, hal ini untuk menyemangati, bahwa semakin banyak yang memberikan inspirasi tentang tugas dan tanggung jawab intelektual muslim ke depan.
Ketua Dewan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Sayed Fuadi Fajar Ramadhan mengatakan, panitia OPAK telah mempersiapkan rangkaian kegiatan untuk menyambut kehadiran mahasiswa di kampus UIN Ar-Raniry, selain kegiatan inti akademik juga kegiatan-kegiatan yang sifatnya membentuk karakter yang bernuansa islami.

“Beberapa kegiatan telah dilaksanakan panitia dan instruktur termasuk melaksanakan shalat Dzuhur dan Ashar secara berjamaah yang dilaksakan di Lapangan UIN Ar-Raniry, selanjutnya memulai OPAK pada hari ke dua, mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga melaksanakan Shalat Dzuha berjamaah yang diikuti oleh dekan dan pimpinan fakultas tersebut,” kata Sayed Fuadi.
Sementara itu Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan, kegiatan OPAK yang dilaksanakan di Lapangan bola kaki ini merupakan untuk menumbuh kebersamaan bagi mahasiswa baru dengan senior dan instruktur serta juga dengan alam sekitar.

“Selama Opak, peserta diberikan materi-materi yang telah dipersiapkan oleh panitia, hari pertama disebut OPAK pada tingkat universitas, di mana seluruh mahasiswa baru berkumpul di Lapangan bola kaki UIN, hari ke dua diserahkan kepada panitia tingkat fakultas, di sana mereka juga akan diberikan materi dan pengenalan kampus ditingkat fakultas, selanjutnya pada pada hari ke tiga akan diserahkan ke panitia tingkat jurusan atau prodi, pada tingkat ini peserta akan lebih banyak diberikan materi dan pengenalan tentang bagaimana langkah awal masuk kuliah, termasuk diperkenalkan kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), serta cara mengambil mata kuliah dan hal lain yang sangat penting dan akan mereka jalini nantinya. [Zaidan]


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts